Jalan-jalan di Kota Sukabumi

Bagi sebagian orang, Sukabumi identik dengan objek wisata Pelabuhan Ratu namun sebenarnya bagi anda yang senang menjelajahi aneka kuliner, Sukabumi pun memiliki tempat-tempat yang mampu memanjakan lidah anda.

Apabila anda berkunjung ke kota Sukabumi terdapat beberapa tempat yang menjajikan makanan dan tersebar dipenjuru wilayah kota, antara lain.

image : ibprabowo.typepad.com
Untuk makan pagi, anda dapat mengunjungi Bubur Bunut H. Toi yang dirintis sejak tahun 1981 di Jalan Siliwangi, dulunya hanya sekedar roda dorong yang sering mangkal di depan RSU Syamsudin Sukabumi. Bubur Bunut ini terbilang istimewa dimana buburnya tidak terlalu kental ditaburi potongan daging ayam ditambah taburan bawang goreng dan seledri diatasnya tidak lupa kerupuk yang menambah semarak sehingga menggoda selera para penikmatnya. 

image : jelajahsukabumi.wordpress.com.
Selain itu anda juga bisa mengunjungi nasi kuning banjir yang ada di gang Nugraha. Diberi nama banjir karena nasi kuningnya dituang kuah sayur labu selain dari pada itu ditambah oseng tempe maupun daging seperti empal sapi ataupun paru sapi dan tak lupa ditambah kerupuk atau rempeyek kacang.

Apabila hari sudah menjelang siang itu tandanya sudah waktunya makan siang anda bisa berkunjung ke Rumah Makan Bu Entik yang berada di Jl. R Samsudin, SH seberang kampus Universitas Muhammadyah Sukabumi. Di rumah makan ini anda akan disuguhi nasi putih yang pulen tentunya dengan berbagai macam lauk pauk yang anda bisa santap. Menu istimewa dari rumah makan ini adalah berbagai pepes seperti pepes ayam, ikan mas dan pepes jeroan ayam juga gepuk, babat, ikan dan ayam goreng. Seperti layaknya makanan khas sunda, tidak lupa RM Bu Entik ini menyediakan sambal yang pedas beserta lalapan yang segar.

image : jelajahsukabumi.wordpress.com.
Setelah kenyang bersantap siang, ada tempat yang menyajikan jajanan khas yang tak kalah uniknya, biasanya buka saat waktu menjelang sore hari. Salah satunya adalah “Picok Cakra”, seperti namanya Picok ini terbuat dari pisang yang di digoreng namun tidak terlalu matang kemudian dicelupin ke larutan coklat yang tebal dan paling cocok disantap saat masih hangat. Picok Cakra ini dapat anda temui di halaman Toserba Tiara Jl. Ahmad Yani. 

Masih di Jl. Ahmad Yani, Ada juga “ Sakoteng Asli Singapore”, seperti sakoteng pada umumnya air jahe hangat ditambah susu kental manis dan diisi dengan kacang hijau, pacar cina, kolang kaling, dan biskuit.

Tak terasa matahari telah tenggelam dan malampun menjelang, bagi anda yang bermalam dikota Sukabumi tak perlu khawatir dengan menu makan malam, karena dikota ini sampai tengah malam pun anda tak akan kesulitan mendapatkan makanan sehingga anda tak akan kelaparan, salah satunya adalah mi goreng Mang Udin yang berlokasi di Jl. Arif Rahman Hakim. Disini anda dapat menikmati mi goreng ataupun bihun goreng, ciri khasnya adalah penggunaan mi besar dengan kecap “Gan” yang banyak sehingga mi cenderung manis untuk tambahannya anda bisa melengkapinya dengan potongan daging ayam, ati ampela maupun telur.

image : twidharyoko.wordpress.com
Selain dari mi goreng Mang Udin, di kota Sukabumi ini pula anda dapat menemukan satu cemilan yang khas yaitu Bandros dan yang paling terkenal adalah “Bandros Ata” sesuai dengan pendirinya yaitu Abah Ata, terletak di trotoar jl. Gudang antara jam 8 malam hingga jam 5 pagi
Nah, setelah puas menikmati suasana kota Sukabumi dan saatnya untuk pulang, jangan lupa oleh-oleh khas Sukabumi diantaranya Mochi yaitu camilan bertekstur kenyal yang terbuat dari tepung ketan. Yang terkenal adalah Mochi Arjuna, anda dapat menemukannya di Gang Ajid, Jl. RE Martadinata, disini tersedia mochi yang lebih besar dari mochi pada umumnya, anda dapat memilih rasa pisang ataupun rasa pandan. Di tempat ini mochi diproses masih secara tradisional dengan tidak menggunakan bahan pengawat.