Oleh-oleh dari Bandung

Bila anda sekali waktu melancong ke kota Bandung jangan lupa akan sensasi kuliner yang akan anda dapatkan begitu anda menginjakan kaki di kota kembang ini.
Beragam makanan tersedia di kota ini baik yang bersifat tradisional maupun makanan ala luar negeri. Namun berikut saya sampaikan beberapa jajanan khas Bandung yang  tidak boleh anda lewatkan.

1. Peuyeum Bandung
image : parisjvanjava.web.id
Terbuat dari singkong yang difermentasi, peuyeum sudah menjadi sangat melekat dengan kota Bandung dan telah salah satu ikon kuliner kota sejak lama. Berbagai makanan olahan berbahan dasar peuyeum yang saat ini telah berkembang sedmikian pesat mulai dari molen peuyeum, colenak, cake peuyeum, bagian dari es campur dan sebagainya. Kita akan mudah menemukan penjaja peuyeum ini, di pasar-pasar tradisional, toko oleh-oleh, tempat wisata, terminal bus, stasiun kereta dan tempat lainnya.


2. Batagor
sumber : ciricara.com
Batagor singkatan dari  baso tahu goreng, merupakan penganan asli khas dari kota Bandung. Batagor adalah tahu yang dibalut dan diisi dengan adonan tepung dan ikan, atau mirip baso tahu, namun bila baso tahu dikukus, maka batagor ini digoreng dengan diberi bumbu kacang yang manis dan pedas, serta potongan jeruk dan kecap untuk semakin memperkaya rasa. Kita dapat menemukan Batagor disemua penjuru Bandung, namun terdapat beberapa tempat yang cukup terkenal diantaranya Batagor Riri (Jl. Burangrang), Batagor Abuy (Jl. Lengkong Besar), Batagor Darto (Simpang Dago), Batagor Kingsley (Jl. Veteran) dan sebagainya. 

3. Tahu Bandung
image : fathnews.com
Tahu mungkin sudah tak asing lagi buat kita karena hampir disetiap kota ada , namun tahu Bandung itu berbeda baik dari cita rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih lembut. Tahu Bandung ini biasanya akan kita temukan dipasar-pasar tradisonal. Salah satu yang terkenal adalah Tahu SB di Jl. Astana Anyar yang menyediakan jenis tahu mongol dengan ciri khas renyah diluar namun sangat lembut didalam. Ada satu jenis lagi yang menjadi incaran yaitu Tahu Tauhid yang dapat kita temukan di kawasan Lembang, maupun supermarket lokal dan pasar tradisional. 

4. Pisang Bollen - Kartika Sari
image : jajalindo.com
Kartika Sari adalah sebuah toko kue yang oleh dibilah merupakan pelopor oleh-oleh kuliner modern di Kota Bandung. Berdiri sejak tahun 80an, Toko Kue Kartika Sari ini menjadikan Pisang Bollen menjadi produk jagoannya. Potongan pisang dan keju dibalut dalam adonan pastry ini memang memberikan cita rasa special yang digandrungi banyak wisatawan, selain pisang bollen terdapat juga jenis lainnya seperti Peuyeum (Tape) Bollen, Durian Bollen, Kacang Hijau Bollen dan Apel Bollen. Di Toko Kartika Sari juga bisa menemukan aneka kudapan lainnya untuk oleh-oleh seperti Brownies Panggang, Brownies Kukus, Cheese Stick, Cheese Roll, Lapis Legit, Lapis Malang, Banana Roll dan Bagelen Oval. Toko Kue Kartika Sari berpusat  di Jl. H. Akbar, persis didepan Stasiun Kota Bandung, sedang cabang atau outletnya terdapat  di beberapa sudut kota Bandung. 

5. Brownies Panggang - Prima Rasa
image : duniainter.net
Toko kue Prima Rasa berpusat di Jl. Kemuning mulai dibuka di tahun 1992 ini menjadikan brownies panggang sebagai andalannya. Aneka varian brownies panggang dapat ditemukan disini: seperti coklat, keju dan mocca. Tapi saat ini kita dapat menemukan jenis lain yang tak kalah menggiurkan yaitu Picnic Roll yaitu daging ayam atau sapi yang dibalut pastry.

6. Brownies Kukus Amanda
image : inloveindonesia.com
Brownies yang di masak lewat proses pengkukusan ini telah menjadi legenda sekaligus inspiratif bukan hanya rasanya yang lezat, namun pula keberhasilan bisnis penjualannya. Berawal dari kawasan Margahayu Raya-Bandung. Pertama kali melihat Brownies Kukus Amanda ini dijajakan di outlet kecil di kawasan Metro, setiap hari minggu pagi dimana banyak warga yang menghabiskan waktu untuk berolah raga ataupun mencari udara segar.  Namun sekarang telah berkembang sedemikian pesat selain di kota kelahirannya, Brownies Kukus Amanda ini telah membuka outlet di lebih dari 10 kota di Indonesia.

7. Aneka Snack Tradisional - Pasar Kosambi
image : jagat-resep.blogspot.com
Di pasar ini anda dapat dengan mudah menemukan makanan tradisional khas Jawa Barat seperti Kripik tempe, kripik oncom, dodol garut, wajit cililin, sale pisang dan sebagainya. Salah satu kudapan yang paling khas adalah Kripik Tempe Manis dan Sale Pisang Keju. Kripik Tempe Manis ini merupakan olahan tempe yang dikerat tipis-tipis, dibalut adonan tepung yang gurih dan manis, lalu digoreng kering. Sedangkan Sale Pisang Keju juga mirip, pisang yang digoreng sangat tipis, dibalut adonan tepung keju dan digoreng hingga renyah. Yang tak kalah pentingnya kawasan ini buka 24 jam sehingga kita bisa mengunjunginya kapan saja.

8. Gepuk Ny. Ong
image : jajalindo.com
Selain penganan-penganan yang telah kita bahas, kita juga dapat melirik salah satu oleh-oleh yang layak anda pertimbangkan untuk dibawa pulang yaitu gepuk. Gepuk adalah makanan dari daging sapi yang dikenal dengan empal. Proses pembuatannya adalah daging paha sapi, dikukus sampe empuk, dipotong-potong, dipukul sampai pipih setelah itu baru dimasak dengan rempah selama satu hari satu malam. Tersedia juga gepuk setengah matang agar bisa dibawa pulang dan digoreng kembali dalam waktu 2 menit. Selain beef original, terdapat berbagai pilihan rasa seperti beef extra pedas, chicken original, chicken spicy, beef salty dan beef less sugar. Gepuk biasanya dimakan dengan nasi. Anda dapat menemukan panganan ini di Jl. Pasir Kaliki, Jl. Djunjunan, Jl. Buah Batu dan Jl. Setiabudhi.