Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan Kartu Kredit Saat Berwisata

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan Kartu Kredit Saat Berwisata tiada lain agar kemudahan dan ke-praktisan Anda berbelanja di tempat wisata bisa Anda nikmati. Sebagian dari kita memiliki kartu kredit adalah sebuah kebutuhan, namun sebagian lagi motivasi menggunakan atau memiliki kartu kredit adalah kemudahan, demikian pula apabila Anda berwisata terutama ke luar negeri maka, menggunakan kartu kredit akan dianggap lebih praktis dan aman karena tidak perlu membawa uang tunai selama perjalanan.
Hanya saja, sebaiknya Anda bersikap bijak dalam penggunaan kartu kredit tadi jangan sampai Anda dikagetkan dengan jumlah tagihan yang membengkak, Untuk itu, inilah beberapa cara menggunakan kartu kredit ketika berwisata.
1. Biarkan pihak bank kartu kredit tahu kita sedang berpergian,  Sebelum kita liburan atau berwisata terutama ke luar kota atau ke luar negeri, sempatkan dulu hubungi pihak bank kartu kredit untuk memberitahu bahwa kita akan pergi ke beberapa tempat. Tanyakan apakah akan ada pembatasan penggunaan kartu kredit per harinya, agar kita tak kesulitan ketika ingin menggunakan kartu kredit di tempat wisata kita. 

2. Pergunakan fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit,  Sering membayar mahal untuk biaya transportasi, hotel dan juga jasa pengurusan perjalanan? Coba cek lagi dan cari tahu apakah ada fasilitas yang ditawarkan oleh kartu kredit. Jika ada, bisa digunakan untuk memesan hotel atau tiket pesawat dengan harga khusus. Sehingga tetap bisa berhemat dan tak menganggu keuangan. 

3. Ubahlah tanggal jatuh tempo,  Minta rubah tanggal jatuh tempo kartu kredit anda disesuaikan dengan tanggal anda menerima gaji tiap bulannya. Sehingga tak terjadi beban ketika melunasi tagihan. Dan ketika kita sedang liburan, cobalah bayangkan setiap transaksi yang anda lakukan dengan kartu kredit berasal dari tabungan anda. Dengan begitu anda tak akan kalap dalam berbelanja ketika berwisata. Cari tahu biaya administrasi ATM lain di daerah wisata Ketika berpergian, tak selamanya tersedia ATM dari bank kita. Perlu kita cek, ketika memakai ATM yang bisa digunakan dari beberapa bank cari tahu biaya administrasinya sehingga uang kita tak habis begitu saja ketika berwisata dan tak tergantung dengan kartu kredit.
4. Tetap waspada Jangan terlarut dalam suasana wisata yang meyenangkan. Tetap tingkatkan kewaspadaan anda ketika menyimpan barang-barang terutama jika ada kartu kredit didalamnyauntuk menghindari penyalahgunaan yang merugikan.
5. Tanya tentang status kartu kredit di tempat wisata,  Hal penting lainnya, sebelum anda berencana beriwisata ke luar negeri atau keluar kota tanyakan pada pihak bank anda mengenai status kartu kredit. Apakah bisa digunakan atau tidak. Begitu sampai di tempat tujuan selalu tanyakan dimana ATM terdekat bank anda agar memudahkan ketika ingin transfer atau mengambil uang. Pergunakanlah smartphone Kemajuan teknologi memudahkan semuanya, untuk memeriksa saldo gunakan saja applikasi mobile banking di smartphone. Dan berusahalah tak membuka situs belanja online ketika berwisata agar tak terpecah konsentrasi dan berlebihan pengeluaran yang menggunakan kartu kredit . Begitulah cara menggunakan kartu kredit ketika berwisata. Semoga bermanfaat.



sumber :