Mengisi Liburan Dengan Berkemah

Berbagai cara dilakukan oleh orang untuk mengisi liburan, berkemah manjadi salah satu alternatif pilihan dengan pertimbangan biaya yang tidak terlalu besar dan dapat langsung bersentuhan langsung dengan alam bebas. Selain berada di alam bebas yang tenang terbebas dari hingar bingar keramaian kota dan tidur di tenda, berkemah dapat pula diisi dengan acara-acara yang meriah seperti api unggun, game atau permainan yang dapat menambah serta mempererat persaudaraan dan tak lupa sensasi lain yang dirasakan ketika harus mandi di sungai atau tempat pemandian umum.
Berkemah dapat juga sebagai salah satu kegiatan da
lam rangka menyalurkan hobby misalnya photographi, mendaki gunung dll.
Banyak sekali lokasi yang dapat dijadikan tenpat berkemah, mulai dari lokasi yang benar-benar original sampai lokasi yang dikelola oleh pihak tertentu baik pemerintah maupun swasta.
Agar acara berkemah kita berlangsung menyenangkan, berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan, diantaranya ;
  1. Perlengkapan umum seperti ransel, pisau, tenda, sleeping bag, kantong sampah, botol air minum, lampu badai, korek api, kotak P3K dll
  2. Pakaian, perlu dipersiapkan membawa jas hujan atau windbreaker, pakaian bahan katun, celana lapangan, pakain dalam, sepatu, sandal, kantong untuk pakaian, kaos kaki dll
  3. Perlengkapan mandi seperti sabun cair, pasta dan sikat gigi, tisu kering dan basah,
  4. Makanan, sebaiknya makanan dengan kandungan gizi yang baik seperti nasi atau mie instant, cereal, roti, susu, telur, teh, kopi dll yang diletakan dalam wadah khusu.
  5. Alat-alat masak seperti water carrier baik untuk air dingin maupun air panas ,bahan bakar, kompor gas portable dll.
Hal-hal diatas dapat dijadikan panduan untuk mempersipkan diri dalam rangka berkemah, namun perlu juga diperhatikan sebaiknya dibawa barang-barang yang memang sangat diperlukan dilokasi perkemahan agar tidak terlalu membebani kita.





gambar :
edukasi.kompas.com