Persiapan Untuk Touring

lazada indonesia
Bepergian untuk mengunjungi suatu tempat yang dilakukan dengan mengendarai sepeda motor apalagi secara konvoi dengan teman dan kerabat sangatlah mengasyikkan, namun perlu juga diperhatikan faktor keselamatan dan diperlukan pula persiapan yang matang sebelum melakukan touring tersebut baik persiapan fisik maupun persiapan yang menyangkut kondisi sepeda motor yang akan kita kendarai. 
Berikut beberapa bagian yang perlu mendapat perhatian sebelum melakukan touring yaitu :

Kondisi ban
Perlu diperhatikan ban agar tidak dalam kondisi gundul yang akan menyebabkan tergelincir pada saat menikung baik dijalan basah maupun kering, periksa juga putaran ban untuk memastikan bearingnya dalam keadaan baik.

Rem
Dalam masalah rem, apabila menggunakan sistem rem cakram, periksa kondisi oli, kabel, dan cakram dan untuk yang menggunakan sistem tromol, pastikan kanvas dan per berfungsi dengan baik.

Gear dan Rantai
Periksa kelenturan rantai jangan sampai terlalu lentur yang akan mengakibatkan kurangnya tenaga dan bisa terlepas setiap saat maupun terlalu kencang yang dapat mengakibatkan rantai mudah putus. Periksa pula kondisi gear jangan sampai sudah terlalu tajam dan tipis.

Volume Oli
Untuk perjanan jauh sebaiknya mengganti oli yang ada dengan oli baru dan untuk motor 2 tak periksa juga kondisi oli samping

Baterai/Accu
Sebagai sumber listrik pada sepeda motor untuk penerangan, baik lampu depan maupun lampu rem, serta lampu sein , fungsi baterai ini sangat penting apalagi saat berkendara malam hari. Baterai ini juga berfungsi sebagai sumber listrik untuk membunyikan klakson untuk memperingatkan orang atau kendaraan lain.

Karburator
Periksa kondisi karburator apakah bersih atau sudah banyak debu dan kotoran, pastikan dalam kondisi bersih sebelum kita berangkat agar akselerasi sepeda motor kita dapat meningkat.

Sistem saluran bahan bakar
Periksa selang bahan bakar jangan sampai sudah retak atau tidak lagi flexibel yang akan menyebabkan resiko terjadinya kebakaran.

Klep/katup
Peran klep ini sangat penting sebagai bagian dari sistem pembakaran BBM. Klep ini juga sangat menentukan kinerja dan keandalan mesin terutama untuk perjalanan jauh.

Kaki-kaki
Periksa kondisi kaki-kaki mulai dari baut-mur, bos, hingga bearing pastikan semuanya dalam keadaan baik, demikian juga kondisi shockbreaker baik depan maupun belakang.

Kelangkapan lain
Kelengkapan lain yang diperlukan saat kita akan melakukan touring yang dapat melindungi kita dari terpaan angin dan teriknya matahari serta hal-hal yang tidak kita inginkan. Kelangkapan tersebut misalnya helm pelindung, jaket, sepatu boot dsb.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan apabila kita memutuskan akan melakukan perjanan jauh dengan menggunakan sepeda motor kesayangan. Kita semua berharap bahwa perjalanan dapat terlaksana dengan baik tanpat ada hal-hal yang tidak kita inginkan sehingga sensasi dari touring ini dapat kita nikmati.


sumber :
askmen.com
gambar :
waspada.co.id