Manfaat Google Maps Untuk Kegiatan Travelling



Google Maps adalah sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online disediakan oleh Google dapat ditemukan di http://maps.google.com. Ia menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia. Selama ini Google dikenal sebagai perusahaan mensin pencari atau search engine didunia maya, namun seiring perkembangan zaman tidak hanya situs yang dapat dicari namun lokasi pun dapat dicari dengan menggunakan google maps tersebut.

Google Maps menyajikan tampilan peta suatu wilayah yang ditampilkan secara digital sehingga memungkinkan seseorang yang ingin mencari suatu lokasi cukup dengan mengetikkan sebuah alamat yang dimaksud maka dengan cepat lokasi pun dapat ditemukan. 

Berbagai manfaat dapat kita ambil dari google maps, antara lain ;
  1. Mempercepat pencarian sebuah lokasi dalam waktu yang singkat. Karena dengan tekhnologi digital sistem pencarian akan berlangsung dengan cepat. 
  2. Membantu seseorang yang sedang bepergian untuk mencari jalan yang cepat pada lokasi yang hendak ditujunya. 
  3. Mempermudah sistem penyimpanan peta. Karena dengan teknologi digital menjadikan kita tidak perlu ruang yang khusus untuk menyimpan sebuah peta. Sebab dalam google map ini data disimpan dalam bentuk digital. 
  4. Bisa diakses dari mana saja. Dengan tekhnologi internet, menjadikan kita bisa mengakses peta tersebut dari berbagai tempat yang memiliki fasilitas internet. 
  5. Mengetahui tempat tempat baru yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. 
  6. Adanya pembaharuan data yang lebih cepat daripada menggunakan peta konvensional. 

Dalam aktivitas perjalanan atau travelling, Google Maps ternyata bisa menjadi solusi untuk membantu merencanakan perjalanan mudik atau liburan. Google Maps menyediakan beberapa fitur yang membantu pemudik tentang rute utama, rute alternatif, fasilitas pendukung seperti hotel, restoran atau SPBU hingga tempat favorit.

Berikut tips perencanaan mudik dari Google Maps, yaitu: 

Pertama, cari jalan yang paling nyaman untuk menuju tempat tujuan. Rencanakan dan biasakan diri dengan rute yang akan dilalui terlebih dahulu. Perencanaan dapat dimulai dengan mencari jalan menuju tempat tujuan, kemudian carilah rute alternatif yang dapat anda gunakan jika jalanan macet atau ada kecelakaan dijalan. 

Kedua, cari informasi mengenai segala kebutuhan perjalanan. Ada baiknya jika mencari informasi tentang tempat peristirahatan yang dapat dikunjungi ketika mengantuk saat berkendara, penginapan terdekat jika anda ingin beristirahat, restoran atau SPBU di sepanjang perjalanan.

Ketiga, pemudik bisa mencatat semua penemuan tempat yang sempat disinggahi. Pengguna dapat menyimpan tempat menarik mulai dari lokasi wisata hingga restoran di fitur My Places (Tempatku) di Google Maps. Tak hanya untuk disimpan, informasi yang ada didalamnya juga bisa dibagikan kepada keluarga dan teman.





Sumber :