Pantai Santolo , Pesona Yang Tersembunyi

Pantai Santolo image : unitedarmy32.blogspot.com
Salah satu destinasi wisata Jawa Barat khususnya di Kota Garut adalah Pantai Santolo, pantai ini cukup dikenal di Garut dan merupakan daerah tujuan wisata. Kawasan Pantai Santolo adalah tempat berkumpulnya para nelayan tradisional namun kemudian nantinya akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Saat ini Pantai Santolo masih dapat dibilang relatif belum terlalu ramai, menyajikan pemandangan laut yang indah serta panorama dan biota laut ditambah deburan ombak pantai selatan yang cukup menantang. Di kawasan pantai ini juga terdapat sebuah stasiun tempat peluncuran roket milik LAPAN (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional.

Pantai Santolo ini terletak di Pamengpeuk, tepatnya di Kecamatan Cikelet sebelah selatan pusat kota Garut. Jarak pantai ini dari kota Garut sekitar 80 km dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih 3,5 jam. Selama perjalanan kita dimanjakan dengan pemandangan yang menyajikan pegunungan dan jalan berkelok-kelok.
Untuk menuju ke Santolo atau Sayang Heulang  ada beberapa route jalan yang bisa ditempuh untuk tiba di pantai santolo Garut Jawa Barat diantaranya :

  • Jalur pertama  :   melalui terminal Garut dilanjutkan ke santolo.
  • Jalur Lainnya  :   melewati Cianjur - Cidaun - Rancabuaya - Santolo
  • Dari Bandung bisa lewat : ranca bali - Naringgul - Cidaun - Rancabuaya - Santolo. atau melalui Jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan.

Meskipun Pantai Santolo ini belum relatif ramai, namun anda jangan khawatir mengenai fasilitas pendukung layaknya di kawasan wisata seperti Hotel atau Penginapan di sekitar pantai tersedia banyak penginapan untuk bermalam. Harga sewanya sangat terjangkau, sekitar Rp. 100.000,- hingga Rp. 200.000,- per hari. Ada pula penginapan rumah bambu yang letaknya di pinggir pantai. Harga non weekend Rp 75.000,- sedangkan harga weekend Rp 100.000,-. Tempatnya lumayan nyaman dengan kamar mandi dalam, lesehan menghadap pantai, dan tempat tidur berupa spring bed.

Selain Hotel atau penginapan, bagi anda penggemar makanan laut (sefood), di Pantai Santolo ini banyak ditemukan penjual ikan laut yang tentunya dengan harga terjangkau. Komoditi laut yang paling banyak terdapat di Pantai Santolo adalah tongkol, layur, dan cumi. Jika ingin membeli ikan laut dalam kondisi yang masih segar pada pagi hari pergi ke tempat pelelangan ikan.

Jembatan Penyeberangan image : hotelgarut.net
Satu hal lagi yang dapat anda explore dari pantai Santolo ini adalah indahnya air laut yang bening dengan naik perahu penyeberangan seharga Rp. 2.000 per orang menuju sisi bagian kiri dari Pantai Santolo ini. Di pantai ini airnya bening dan dangkal serta arusnya yang sangat tenang. 

Di Pantai Santolo, anda akan menemukan sebuah muara yang lebih dikenal dengan muara Cilauteureun atau dalam bahan Indonesianya berarti air laut yang berhenti, hal ini sangat unik dan langka karena kalau pada umumnya air sungai mengalir menuju laut, lain halnya yang ada di muara cilauteureun ini yang air lautnya justru mengalir ke sebuah muara di Pulau Santolo.
.