Tujuan Wisata Kota Bogor

Bogor dan keindahan alamnya memang memiliki pesona tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mencari tujuan berlibur. Jika Anda mencari tujuan wisata alam, Bogor adalah kota yang harus masuk ke dalam daftar tujuan wisata Anda.

Kebun Raya Bogor

Tanggal 18 Mei 1817, Gubernur Jenderal G.A.G.P. van der Capellen secara resmi mendirikan sebuah Kebun Raya di Kota Bogor, Pada mulanya kebun ini hanya akan digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Namun pada perkembangannya pendirian Kebun Raya Bogor bisa dikatakan mengawali perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia dan sebagai wadah bagi ilmuwan terutama bidang botani di Indonesia secara terorganisasi pada zaman itu (1880 - 1905). Dari sini lahir beberapa institusi ilmu pengetahuan lain, seperti Bibliotheca Bogoriensis (1842), Herbarium Bogoriense (1844), Kebun Raya Cibodas (1860), Laboratorium Treub (1884), dan Museum dan Laboratorium Zoologi (1894). Setelah kemerdekaan, tahun 1949 ‘s Lands Plantentiun te Buitenzorg berganti nama menjadi Jawatan Penyelidikan Alam, kemudian menjadi Lembaga Pusat Penyelidikan Alam (LLPA) untuk pertama kalinya dikelola dan dipimpin oleh bangsa Indonesia, Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo. Pada waktu itu LPPA punya 6 anak lembaga, yaitu Bibliotheca Bogoriensis, Hortus Botanicus Bogoriensis, Herbarium Bogoriensis, Treub Laboratorium, Musium Zoologicum Bogoriensis dan Laboratorium Penyelidikan Laut. 
Kebun Raya Bogor ini berada di Jalan Ir. H. Juanda no. 13. Tempat-tempat yang dapat kita kunjungi di KRB ini antara lain :
  • Herbarium
  • Orchidarium
  • Grya Anggrek
  • Cafe de’Daunan
  • Koleksi Taman Air
  • Toko Tanaman/Cendera Mata
  • Gedung Konservasi
  • Museum Zoologi
  • Wisma Tamu Nusa Indah

Istana Bogor

Untuk mengunjungi Istana Bogor ini kita harus mendapatkan izin dari Sekretariat Negara. Biasanya Istana terbuka untuk umum pada saat peringatan Hari Ulang Tahun kota Bogor yang jatuh pada 3 Juni. Istana Bogor merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan ini dikarenakan aspek historis, kebudayaan dan fauna yang menonjol. Salah satunya adalah adanya rusa – rusanya yang indah yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang. Selain dari pada itu Istana Kepresidenan Bogor mempunyai koleksi buku sebanyak 3.205 buah yang daftarnya tersedia di kepustakaan istana. Istana ini menyimpan banyak benda seni, baik yang berupa lukisan, patung, serta keramik dan benda seni lainnya. Hingga kini lukisan yang terdapat di istana ini adalah 448 buah, dimana judul/nama lukisan itu, pelukisnya, tahun dilukisnya, tersedia dalam bentuk daftar sehingga memudahkan siapa saja yang ingin memperoleh informasi tentang lukisan tersebut. Begitu pula halnya dengan patung dengan aneka bahan bakunya. Di istana ini terdapat patung sebanyak 216 buah. Di samping lukisan dan patung, Istana Bogor juga mengoleksi keramik sebanyak 196 buah. Semua itu tersimpan di museum istana, di samping yang dipakai sebagai pemajang di setiap ruang/bangunan istana.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Taman Nasional Gunung Halimun Salak merupakan kawasan hutan hujan pegunungan yang tersisa dan terluas di Jawa Barat. Kawasan ini  merupakan ekosistem hutan alam yang memiliki sumber plasma nutfah dan keanekaragaman tumbuhan dan satwa. Jenis pohon  penting yang ada diantaranya adalah rasamala (Altingia exselsa) dan di kawasan ini masih dapat dijumpai  primata langka dilindungi yaitu owa dan surili.
Taman Nasional Gunung Halimun merupakan tempat rekreasi/pariwisata alam yang sangat menarik, karena beragamnya obyek dan daya tarik wisata alam yang dimilikinya. Keheningan hutan yang terkadang terdengar suara kicauan burung dan satwa lainnya, merupakan obyek pengamatan hidupan liar yang menarik.
Taman nasional ini memiliki fasilitas canopy trail untuk berjalan dari pohon ke pohon, mengamati kehidupan burung dan satwa liar lainnya yang tinggal di tajuk pohon.
Keindahan alam dengan kehidupan liar, gemuruh air terjun dan gemericik aliran sungai kecil yang jernih; kesemuanya merupakan peristiwa alam yang dapat memberi pengalaman yang mungkin tidak akan terlupakan terutama bagi wisatawan dari kota-kota besar.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kalinya diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Keadaan alamnya yang khas dan unik, menjadikan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango sebagai salah satu laboratorium alam yang menarik minat para peneliti sejak lama. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki keanekaragaman ekosistem yang terdiri dari ekosistem sub-montana, montana, sub-alpin, danau, rawa, dan savana.
Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi :
  • Telaga Biru. Danau kecil berukuran lima hektar (1.575 meter dpl.) Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru.
  • Air terjun Cibeureum. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. 
  • Air Panas. Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas.
  • Kandang Batu dan Kandang Badak. Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa. 
  • Puncak dan Kawah Gunung Gede. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. 
  • Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektar yang ditutupi hamparan bunga edelweiss.
  • Gunung Putri dan Selabintana. Berkemah dengan kapasitas 100-150 orang.
Cara pencapaian lokasi: Jakarta-Bogor-Cibodas dengan waktu sekitar 2,5 jam (± 100 km) menggunakan mobil, atau Bandung-Cipanas-Cibodas dengan waktu 2 jam (± 89 km), dan Bogor-Selabintana dengan waktu 2 jam (52 km).

Pura Taman Sari

Pura Taman Sari adalah Pura  terbesar di Jawa Barat. Sebenarnya Pura tersebut adalah Parahyangan Agung Jagatkarta yang didirikan pada tahun 1995 dan memiliki luas 3 hektar, terletak di lereng Gunung Salak, tepatnya di Kampung Warungloa RT 03/09, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, sekitar 13km dari Bogor arah ke selatan.
Ada beberapa peraturan untuk memasuki pura ini. Khususnya bagi para wanita dilarang masuk bagi yang sedang berhalangan. Untuk para pria disarankan memakai celana panjang. Jika kesini memakai celana pendek Anda diwajibkan mengenakan kain sarung. Setiap pengunjung diberikan kain kuning yang diikatkan di pinggang. Tidak ada pungutan biaya untuk memasuki tempat ini begitu juga dengan segala atribut yang dipakai. Yang menarik dari tempat ini adalah Candi Bentar Hitam dengan lilitan kain panjang kuningnya.

Air Terjun Curug Cilember

Jika ingin menikmati hawa yang lebih sejuk maka air terjun curug Cilember, bisa menjadi tujuan wisata selanjutnya. Kawasan ini memiliki tujuh buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda. Selain wisata alam, banyak juga tempat wisata di Bogor yang cocok digunakan untuk berlibur bersama keluarga. Ada Jungle Waterpark dengan wahana permainan airnya yang lengkap.


Rancamaya Golf & Country Club Bogor

Golf juga permainan yang sangat menyenangkan untuk mengisi liburan bersama keluarga. Anda bisa mencoba kursus golf bersama keluarga di Rancamaya Golf & Country Club Bogor. Di tempat ini Anda tak perlu susah-susah mencari penginapan karena kawasan ini dilengkapi dengan hotel bintang 5 yang akan memanjakan liburan Anda.

Gunung Geulis Country Club

Anda juga bisa mencoba kursus golf di Gunung Geulis Country Club. Tempat ini juga memiliki penginapan yang lumayan besar dan bersih. Tempat ini bisa menjadi alternatif pilihan kursus golf dengan penginapan yang lebih terjangkau.



Pabrik Gong Pancasan

Pabrik Gong Pancasan di Bogor merupakan alternatif tujuan baru tempat yang dapat dikunjungi . yaitu "Gong Factory" atau Pabrik Gong Pancasan yang terletak di Jalan Pancasan RT 2, RW 3 Kampung Pancasan, elurahan Pasirjaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. Disini anda dapat melihat proses pembuatan Gong khas Bogor ini, selain daripada itu Anda juga bisa membeli cinderamata di tempat ini.