Sebaiknya Bersihkan Dapur Sebelum Pergi Liburan

Sepertinya tidak ada hubungan antara membersihkan dapur dengan acara wisata atau travelling, namun hal ini perlu sedikit anda pertimbangkan. Mengapa dapur yang akan anda bahas pada saat ini ? karena di dapur biasanya tempat dimana anda menyimpan piring kotor atau alat masak lainnya yang mungkin saja menjadi sarang penyakit yang timbul dari sisa-sisa makanan apabila tidak segera dibersihkan.
Dapat anda bayangkan seandainya pada saat bangun tidur, anda mendapati dapur yang kotor dan berantakan tidak karuan bekas masak semalam atau kemarin yang belum sempat dibersihkan, betapa mengerikan bukan ? apalagi apabila rumah anda tinggalkan berlibur beberapa hari keluar kota bersama keluarga, saudara dan handai taulan dan mendapati dapur berantakan setibanya anda kembali ke rumah. Pasti anda akan segera membereskannya bukan ?  namun apa daya capek dan lelah setelah perjalanan jauh akan sedikit menyiksa anda.
Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda membersihkan atau membereskan terlebih dahulu dapur sebelum anda pergi untuk liburan. Berikut tips sederhana dalam membersihkan dapur sebelum memulai perjalanan agar perjalanan anda menyenangkan :
  1. Sebelum berangkat, cucilah piring dan alat masak lainnya dan buanglah semua sisa hidangan karena sebuah wastafel penuh piring kotor tidak hanya berantakan dan tidak sedap dipandang, tetapi mengundang berbagai bibit penyakit masuk ke rumah anda.
  2. Gunakan cairan pembersih untuk membersihkan semua sudut ruangan dapur anda.
  3. Periksa lemari es anda, jika anda akan pergi lebih dari beberapa hari sebaiknya anda menyumbangkan makanan yang mudah basi dengan tetangga seperti mentega, keju dan telur yang mungkin akan baik-baik saja untuk jangka waktu tertentu, tapi susu pasti harus diberikan atau dibuang.
  4. Sebelum anda pergi, pastikan untuk mengosongkan semua keranjang sampah  rumah, Masukan sampah di tempat sampah umum atau tempat sampah daur ulang dan tempat di pinggir jalan agar dapat diangkut sesuai jadwal pengangkutan meskipun anda tidak berada di rumah. 
Nah dengan demikian ketika anda pulang dari perjalanan liburan yang mungkin melelahkan anda akan mendapati tempat yang bersih, segar dan nyaman. Anda sekeluarga dapat beristirahat  setelah menempuh perjalanan liburan.



image : properti.kompas.com