Wisata Kuliner di Kota Bogor

Sudah tak asing lagi bagi kita dengan istilah kota hujan, istilah tersebut tersemat pada sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, kota tersebut adalah Bogor.
Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram". Terkenal sejak dahulu, Bogor memiliki beberapa destinasi wisata baik wisata alam, wisata pendidikan, wisata sejarah maupun wisata kuliner.
Apabila anda jalan-jalan di kota hujan ini, anda tak perlu takut akan kelaparan karena jajanan atau makanan tersedia diberbagai tempat, mulai dari kaki lima sampai sekelas cafe.
Terdapat beberapa destinasi jajanan yang perlu jajal pada saat anda datang di kota Bogor, diantaranya :

Rumah Cupcakes
image : eyuniawandani.blogspot.com
Berada di Jl Sanggabuana 4, Bogor, . Rumah Cupcake menyediakan berbagai macam menu roti cup dan cake dengan rasa yang cukup unik yakni rasa Black Forest (paduan coklat, krim, dan ceri merah) dan rasa Cashew Buttercream atau kacang mete. Bagi anda yang berminat, anda bisa datang tiap hari mulai pukul 07.00 s/d 22.00 WIB.

Momo Milk
image : necromancchyxiii.blogspot.com
Kedai Momo Milk menyediakan aneka minuman berbahan dasar susu mulai dari susu segar hingga milk shake tersedia dengan beraneka macam rasa. Berada di Taman Kencana Bukit Tunggul nomor 11 Kedai Momo Milk mengusung tema alam layaknya sebuah peternakan sapi, maka tak heran anda dapat menikmati susu serasa berada pada sebuah peternakan sapi Kedai ini bukan setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Asinan Jagung Bakar
image : www.bogorkuliner.com
Asinan Jagung Bakar ini meski namanya asinan namun berbeda dengan asinan yang biasa kita temui. Apabila asinan biasanya terbuat dari sayuran dan buah, maka asinan jagung bakar ini menggunakan jagung bakar sebagai bahan utamanya. Keunikan rasa asinan jagung bakar ini dapat anda jumpai di Gang Roda Surya Kencana.



Cungkring
image : jagat-resep.blogspot.com
Cungkring merupakan potongan kikil dan bagian dari kepa sapi yang dimasak dengan bumbu kuning setelah itu disiram dengan bumbu kacang. Disebut dengan cungkring karena bahan utama makanan ini adalah kilik sapi. Kikil sapi dalam bahasa Sunda disebut dengan cungkring. Jika ingin mencicipi cungkring saat wisata kuliner di Bogor, cungkring dapat ditemui dengan mudah di pinggir jalan utama Gang Aut di Jl Surya Kencana Bogor.

Bapatong
image : news.liputan6.com
Makanan ini sebenarnya merupakan singkatan dari bakso kupat gentong. Cara penyajian baksonya memang berbeda dengan bakso yang lain. Bakso disajikan bersama dengan potongan dadu ketupat dan kemudian ditambah dengan daging iga sapi potong untuk menambah citarasanya. Ketupatnya terasa sangat lembut dan cocok ketika disantap bersama dengan kuahnya.

Arsitektur tempat ini didominasi oleh interior bambu tradisional sehingga semakin menambah kenyamanan ketika menikmati Bapatong. Bapatong terletak di Jl Pangrango nomor 1, Bogor. Warung Bapatong ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 21.00 WIB.