Hanya Bandung Yang Punya Bus Bandros

Kata Bandros pasti tidak asing lagi bagi warga Bandung dan sekitarnya, sejenis makanan yang dikenal pula dengan istilah kue pancong, namun Bandros kali ini adalah nama dari sebuah Bus Pariwisata, Bandros adalah kependekan dari Bandung Tour On The Bus yang resmi diluncurkan oleah Pemkot Bandung pada event Car Free Night (CFN) pada pukul 00.08 WIB, Rabu (1/1/2014).

Ciri khas dari bus ini yang membedakan dari bus yang biasa kita temukan adalah selain nuansa vintage , bus ini memiliki dua tingkat dengan didominasi warna merah bagian bawah bus seperti bus pada biasanya, namun bagian atas bus terbuka sehingga penumpang bisa menikmati udara Bandung. tersebut tampak menarik dengan nuansa vintage.

image : news.detik.com
Bus Bandros ini merupakan konsep Wali Kota dalam city tour dimana saat beroperasi nantinya akan berhenti pada titik-titik destinasi wisata Kota Bandung. Ada dua trek tujuan wisata yaitu tematik dimana wisatawan mengelilingi jalan atau gedung heritage, pusat perbelanjaan (track konsentrasi) yang tersebar ke utara dan kampung wisata dan segmented yaitu  sesuai kebutuhan wisatawan.

Diharapkan Bus Bandros ini mampu menjadi magnet kunjungan wisatawan karena potensi Kota Bandung adalah urban tourism. Apalagi bus ini punya kelebihan meminimalkan pemakaian kendaraan pribadi sehingga mengurangi aspek polusi, kepadatan, dan ekosistem.

Kelebihan dari Bus Bandros ini adalah nantinya akan dipasang GPS agar wisatawan mengetahui posisinya sedang berada dimana. Termasuk akan dilengkapi pusat data dan informasi sehingga memudahkan wisatawan mengakses seluk beluk Kota Bandung.

Ide Bus Bandros ini di adopsi dari model all train yang ada dikota-kota dunia seperti London dan Melbourne dan  menjadi salah satu penilaian indeks kota wisata. Tidak hanya fasilitas angkutan, tapi jadi produk daya tarik kunjungan wisatawan,


sumber :