Pindah Dari Soekarno Hatta Ke Halim Perdana Kusuma

Untuk sekedar informasi bagi anda yang akan melakukan perjalanan lewat udara, bahwa mulai tanggal 10 Januari 2014, beberap penerbangan dipindahkan dan bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Halim Perdana Kusuma. Dalam hal ini Pemerintah  sudah memutuskan membuka Bandara Halim Perdanakusuma untuk penerbangan komersil. sebagai langkah kebijakan jangka pendek dalam rangka mengurangi beban Bandara Soekarno-Hatta yang sudah kelebihan kapasitas untuk penerbangan komersial.

image : blog.traveloka.com

Halim Perdana Kusuma yang selama ini menjadi bandara pesawat carter atau pesawat sewa dengan Air Operator Certificate 135 atau di bawah 35 kursi, militer, VIP, termasuk presiden, siap menjadi bandara domestik pada 10 Januari 2014. Bandara ini dapat melayani 66 penerbangan kedatangan dan keberangkatan setiap hari,  artinya apabila setiap pesawat mengangkut 150 penumpang, maka diperkirakan ada total 9.000 orang yang datang dan pergi di Bandara Halim Perdanakusuma.

Guna memberika pelayanan bagi penumpang berbagai upaya dilakukan antara lain :
  1. Tersedianya transportasi umum seperti hanlya di Bandara Internasional Soekarno- Hatta, yakni taksi dan bus Damri yang menurut rencana disediakan dengan tujuan Depok, Bekasi, Gambir, dan Cengkareng. 
  2. Area parkir kendaraan di Bandara Halim Perdanakusuma juga akan ditambah kapasitasnya dari 5.000 mobil menjadi 7.000 mobil. 
  3. Rencana perluasan Bandara Halim dengan menggunakan areal Pangkalan Udara TNI Halim Perdana Kusuma. 
  4. Penambahan satu pintu  untuk ruangan boarding. Selama ini hanya tersedia dua pintu untuk boarding, tetapi pada Januari mendatang akan ada tiga pintu.  Ruangan check in penumpang juga diperluas, yang saat ini masih dalam pembangunan.

Pemindahan rute penerbangan dari maskapai dijadwalkan berlangsung secara bertahap. Maskapai penerbangan berbiaya murah Citilink akan menjadi maskapai pertama yang menggunakan fasilitas Bandara komersial ini. Selanjutnya, akan hadir penerbangan dari Garuda Indonesia pada Februari dilanjutkan oleh Air Asia pada Maret dan Lion Air pada bulan berikutnya.

Berikut rencana daftar rute dari tiga maskapai penerbangan yang akan dialihkan dari Bandara Soetta ke Bandara Halim Perdanakusuma  yang dikutip dari liputan6.com

Citilink (Pesawat Airbus A320) - 10 Januari 2014
1. Rute Halim-Yogyakarta
2. Rute Halim-Semarang
3. Rute Halim-Malang

Garuda Indonesia (Boeing 737) - Februari 2014
1. Rute Halim-Surabaya
2. Rute Halim-Semarang
3. Rute Halim-Palembang
4. Rute Halim-Yogyakarta
5. Rute Halim-Pontianak.

Air Asia (Airbus A320) - Maret 2014
1. Rute Halim-Yogyakarta
2. Rute Halim-Medan
3. Rute Halim-Surabaya.




dikutip dari berbagai sumber