Oleh-oleh khas Kota Udang Cirebon

Apabila kita berkunjung ke Kota Udang Cirebon untuk urusan bisnis atau berwisata, tentunya mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Banyak buah tangan khas kota ini yang dapat ditemui terutama aneka kulinernya, yang populer dan banyak dikenal adalah Empal Gentong, Nasi Jamblang, Nasi Lengko, Tahu Gejrot, atau Doclang dll.
Namun yang unik dan Cirebon banget adalah Krupuk mlarat dan Siroop Tjap Buah Tjampolay yang sepertinya melegenda.

Kerupuk mlarat
image : bismacenter.ning.com
Krupuk mlarat adalah penganan khas Cirebon yang wajib dijadikan oleh-oleh bakal kita bawa pulang setelah mengunjungi kota Cirebon, dinamakan krupuk mlarat adalah karena proses penggorengan krupuk tidak menggunakan minyak seperti biasanya melainkan menggunakan pasir yang sudah dibersihkan terlebih dahulu atau istilah setempat disebut dengan di sangray
kerupuk khas Cirebonyang berwarna warna merah, putih atau terkadang ada juga warna kuning biasanya disiram dengan sambal oncom encer, pedasnya sambel oncom ditambah kriuk dan rasa kerupuk melarat yang agak manis, menjadikan kerupuk yang satu ini mantap dan segar untuk dinikmati.


Sirup Tjap Buah tjampolay
Sirup Tjap Buah tjampolay adalah sirup khas Cirebon yang telah diproduksi sejak tahun 1936, sirup Tjampolay terdiri dari berbagai macam rasa buah-buahan seperti melon, mangga gedong, jeruk nipis dan nanas bahkan rasa kopi moka pun ada.namun dari sekian banyak macam rasa tersebut yang menjadi favorit ialah rasa pisang susu. Karena selain rasa manisnya
image : hemart123.bogspot.com
yang khas, warna sirupnya pun sangat menarik, yaitu merah jambu. Sehingga tampak manis untuk dicampur dengan berbagai macam aneka es, seperti es campur ataupun es kelapa.
Siroop Tjap Buah Tjampolay termasuk salah satu produk daerah Cirebon yang melegenda. Produk eksotis ini, dari sisi awareness, masuk peringkat pertama dari sekitar 1.523 industri kecil yang tersebar di kota udang itu. Konon, formula produk sirup ini diperoleh Tan Tjek Tjiu pada 11 Juli 1936 lewat mimpi. Terlepas dari cerita mistik seperti itu, sirup ini di Cirebon memang melegenda, karena rasanya yang khas. Bahkan, di tahun 2001, produk sirup milik keluarga Tjiuw ini berhasil menggondol penghargaan Bintang I -- Standardisasi Kelayakan Industri dari Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan. Mengungguli 14 perusahaan se-Jawa Barat yang diukur berdasarkan kualitas produk, proses produksi dan racikan.